Sabtu, 02 Juli 2016

Jurnal Manajemen Layanan Sistem Informasi

SISTEM INFORMASI PADA ZALORA INDONESIA
STUDI MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PADA 
PERUSAHAAN PENYEDIA SITUS E – COMMERCE
1)Bagus Putra Nata 2)Fikri Ardiansyah 3)KurniaAchmad Hidayatullah
1)Program Studi/Jurusan Sistem Informasi, UniversitasGunadarma, email: bagus.putranata@gmail.com
2) Program Studi/Jurusan Sistem Informasi, UniversitasGunadarma, email: fikriardiansyah27@gmail.com
3) Program Studi/Jurusan Sistem Informasi, UniversitasGunadarma, email: kurniaachmd@gmail.com
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer danTeknologi InformasiUniversitas Gunadarma
Jalan Margonda Raya 100, Depok

ABSTRAK
Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah menjelaskan kepada pembaca bagaimana manajemen layanan sistem informasi sebuah perusahaan e – commerce yang berada di Jakarta yaitu ZALORA INDONESIA, yang meliputi pelayanan terhadap customer, sistem pengiriman barang, dan sebagainya. Semua tulisan yang ada di dalam jurnal ini berasal dari wawancara kami dengan seorang karyawan dari perusahaan ZALORA INDONESIA.
Kata kunci : sistem informasi, e – commercebisnis.

PENDAHULUAN
Sistem Informasi Menurut John Nash & Robert (1988). Dalam sebuah buku karangan Sudaya, dua tokoh yakni Nash dan Robert lebih menganggap sistem informasi sebagai kombinasi dari user (pengguna), teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk mendapatkan atau memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian internal di dalam suatu organisasi.

Sistem Informasi Perusahaan adalah suatu sistem berbasis komputer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi. Sistem Informasi Perusahaan Disebut juga EntIS (Enterprise Information System). Tujuan dari EntIS adalah untuk Mengumpulkan dan menyebarkan data ke seluruh proses yang terdapat di sebuah organisasi, EntSI menyediakan data yang digunakan manajer untuk membuat sebuah keputusan dalam merencanakan dan mengendalikan proses bisnis.

Didalam EntSI terdapat 2 sistem yaitu : 

a.Executive information systems (EIS) 
Satu jenis dari manajemen informasi sistem dimaksud untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan kebutuhan dari eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap keduanya internal dan eksternal keterangan relevan untuk bertemu tujuan strategis dari organisasi. Ini biasanya dipertimbangkan sebagai satu bentuk dikhususkan dari satu sistem mendukung keputusan (DSS).  
b.Executive support systems (ESS) 
Memiliki arti yang sama dengan EIS namun , demikian istilah “Sistem Penunjang Eksekutif (ESS) biasanya mengacu pada system yang memiliki set kemampuan yang lebih besar dari pada EIS. Sementara istilah EIS mempunyai konotasi memberikan informasi, sedangkan istilah ESS berkonotasi memberikan kemampuan dukungan yang lain memberikan informasi.  

Ada beberapa pengertian tentang E-Commerce, antara lain yaitu :
Menurut Loudon (1998) E-Commerce ialah suatu proses yang dilakukan konsumen dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik  dari perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan komputer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan.
Menurut Kalakota dan Whinston (1997) meninjau pengertian E-Commerce dari empat perspektif, yaitu :
Perspektif komunikasi, E-Commerce ialah sebuah proses pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui komputer ataupun peralatan elektronik lainnya.
Perspektif  proses bisnis, E-Commerce merupakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
Perspektif layanan, E-Commerce ialah suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, manajemen, dan konsumen  untuk mengurangi biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman
Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk atau barang serta informasi melalui layanan internet maupun sarana online yang lainnya

Jadi, dapat dipahami bahwa E-Commerce itu mengacu pada jaringan internet untuk melakukan belanja online dan jangkauannya lebih sempit, serta cara transaksinya melalui transfer uang secara digital.

PEMBAHASAN
Hasil wawancara
Dibawah ini adalah hasil wawancara kami dengan narasumber dan kami ubah dalam bentuk narasi.
ZALORA Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina.
Zalora merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando merupakan proyek dari Rocket Internet. Di Indonesia Zalora berada di bawah naungan dan dikelola oleh PT FASHION ESERVICES INDONESIA.

ZALORA berbeda dengan e-commerce lain, karena ZALORA hanya fokus pada bisnis fashion, ZALORA memiliki 2 jenis tipe barang dalam stoknya, ada yang memang disimpan di stok gudang lalu dikirim kepada konsumen, dan ada barang konsinyasi atau consignment, yaitu ZALORA memesan barang kepada pihak ketiga lalu vendor tersebut yang mengirim barang kepada konsumen. Untuk sistem pembayaran ZALORA menjadi pelopor dalam metode COD (Cash On Delivery) dalam bisnis e-commerce, sementara untuk metode pembayaran lain bisa dengan menggunakan kartu debit atau kredit.

Untuk pengiriman barang ZALORA bekerja sama dengan penyedia jasa logistik lain seperti JNE. Apabila barang yang dipesan tidak sampai kepada konsumenkonsumen bisamemberi konfirmasi kepada customer service, lalu akan segeraditindak lanjuti ke seller center atau logistik pengirimandanjika barang yang telah sampai ternyata tidak sesuaikonsumenbisa menukar ukuran atau memilih opsi refund (uang kembali).

Untuk mempromosikan situs maupun aplikasi, ZALORA menggunakan media iklan, website, social media, serta e-mail.

PENUTUP
Berdasarkan analisa dan penelitian yang telah kami lakukandi perusahaan ZALORA INDONESIA menggunakan sisteminformasi seperti websitesocial mediadan e-mail sebagaisarana yang mereka gunakan untuk mempromosikan produk-produk merekaSistem informasi tersebut terbukti berhasilkarena dengan hal tersebut mereka berhasil membuat para pelanggan masih setia untuk berbelanja pada merekaUntukpenanganan keluhan konsumen mereka juga menggunakansistem informasi yang dimana bisa kita lihat langsung di website mereka pada menu “Layanan”. 

DAFTAR PUSTAKA
1. http://www.tugassekolah.com/2016/03/10-definisi-pengertian-sistem-informasi-menurut-para-ahli.html
2. http://www.seputarpengetahuan.com/2015/12/pengertian-e-commerce-menurut-para-ahli-terlengkap.html
3. https://id.wikipedia.org/wiki/ZALORA_Indonesia


Untuk mengunduh file word silakan klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar