Minggu, 28 Desember 2014

Perbedaan Strata Jabatan


Dalam lingkungan masyarakat kita melihat bahwa terjadi adanya pembeda -  bedaan yang berlaku dan diterima secara luas oleh masyarakat. Di sekitar kita ada orang yang menempati jabatan tinggi seperti gubernur dan wali kota dan jabatan rendah seperti camat dan lurah. Di sekolah ada kepala sekolah dan ada staf sekolah. Di RT atau RW kita ada orang kaya, orang biasa saja dan ada orang miskin.


Perbedaan itu tidak hanya muncul dari sisi jabatan tanggung jawab sosial saja, namun juga terjadi akibat perbedaan ciri fisik, keyakinan dan lain-lain. Perbedaan ras, suku, agama, pendidikan, jenis kelamin, usia atau umur, kemampuan, tinggi badan, cakep jelek, dan lain sebagainya juga membedakan manusia yang satu dengan yang lain.Beragamnya orang yang ada di suatu lingkungan akan memunculkan stratifikasi/lapisan sosial (pengkelas-kelasan) 

Mereka yang memiliki jabatan tinggi memiliki kekeuasaan untuk mempengaruhi perilaku seseorang maupun kelompok agar berprilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki. Ukuran kekuasaan akan terkait dengan besar kecilnya dan luas sempitnya pengaruh yang dimiliki seseorang dalam masyarakat. Semakin luas tinggi pengaruh yang dimiliki oleh seseorang semakin tinggi stratifikasi yang dimilikinya. semakin rendah dan sempit dan bahkan tidak memiliki pengaruh keberadaan sesorang dalam masyarakat semakin rendah stratifikasi sosial nya.

Jabatan yang tinggi seringkali memiliki tugas yang penting dan tanggung jawab yang tinggi. Mereka yang memiliki jabatan tinggi biasanya mempuyai waktu yang banyak saat dilapangan dibandingkan waktu untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga. sedangkan mereka yang memiliki jabatan yang rendah biasanya mempunyai waktu luang yang cukup banyak.

Dengan jabatan seseorang bisa mendapatkan penghormatan yang ia duduki. Selain kedudukan dan peran. Status menunjukkan tempat atau posisi seseorang dalam masyarakat, sedangkan peran menunjukan aspek dinamis dari status, hal ini merupakan suatu tingkah laku yang diharapkan dari seorang individu tertentu yang menduduki status tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar